Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang perokok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Profil karakteristik peserta didik perokok, 2) Profil faktor penyebab peserta didik perokok, 3) Profil dampak peserta didik perokok, 4) Profil bentuk pelayanan yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Informan kunci AL dan 5 orang informan tambahan yang terdiri dari teman akrab AL, guru BK AL, wali kelas AL dan 2 guru mata pelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan wawancara, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Profil karakteristik peserta didik perokok adalah bibir menghitam dan pecah-pecah, selera makan menurun, berat badan menurun, emosi kurang terkontrol, mengalami kelelahan; 2) Profil faktor penyebab peserta didik menjadi perokok adalah faktor internal terdiri dari pengetahuan, sikap dan rasa penasaran yang tinggi sedangkan faktor eksternal terdiri dari teman-teman yang ada di lingkungan, kerabat dan media massa; 3) Profil dampak peserta didik perokok yaitu kerongkongan dan bibir kering dan pecah-pecah; 4) Profil bentuk pelayanan konseling yang telah diberikan oleh pihak sekolah yaitu layanan informasi dan layanan konseling individual. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar tidak merokok yang berkelanjutan supaya tidak berdampak semakin parah terhadap fisik maupun psikologis dari peserta didik. Kata Kunci: Peserta Didik Perokok: karakteristik, faktor, dampak, pelayanan konseling.