Profil Peserta Didik yang Memiliki Gangguan Mood (Studi Kasus pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman)

Main Author: Daharni, Daharni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8463/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8463/2/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8463/3/KEPUSTAKAAN.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8463/4/DAHARNI%2015060120%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8463/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik mengalami gangguan mood dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Profil: 1) Karakteristik 2) Faktor penyebab 3) Dampak 4) Bentuk pelayanan yang pernah diberikan pihak sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Informan kunci KTK, 4 orang informan tambahan, teman akrab, wali kelas/guru sejarah, guru BK dan guru matematika. Instrumen yang digunakan pedoman wawancara dan studi dokumentasi, teknik yang digunakan melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan, 1) Karakteristik peserta didik mengalami gangguan mood, kehilangan minat, rasa mudah lelah, merasa pesimis, emosional 2) Faktor penyebab gangguan mood, faktor psikososial, faktor lingkungan 3) Dampak gangguan mood, cenderung marah, terganggunya tidur, kurang percaya diri, tidak konsisten 4) Bentuk pelayanan yang pernah diberikan pihak sekolah, layanan informasi, layanan konseling individu. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK agar mengetahui serta memahami keadaan suasana hati, perasaan yang dialami peserta didik. Kata Kunci: Peserta Didik Gangguan Mood, Karakteristik, Faktor, Dampak, Pelayanan Konseling.