Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran guru BK untuk perubahan perilaku peserta didik (studi deskirptif pada peserta didik yang diberi punishment di kelas XI SMA Negeri 12 Padang). Dengan fokus penelitian yaitu: 1) Peran guru BK untuk perubahan perilaku peserta didik yang pernah diberi punishment dilihat pada aspek preventif, 2) Peran guru BK untuk perubahan perilaku peserta didik yang pernah diberi punishment dilihat pada aspek preservatif dan 3) Peran guru BK untuk perubahan perilaku peserta didik yang pernah diberi punishment dilihat pada aspek korektif. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci penelitian adalah 2 orang guru bimbingan dan konseling, sedangkan informan tambahan berjumlah 4 orang yang terdiri dari 2 wali kelas, dan 2 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan dokumenter, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penjelasan di atas, diproleh hasil penelitian yaitu: 1) Peran Guru BK yang ditinjau dari aspek preventif meliputi pemberian konseling perorangan, kolaborasi dengan wali murid dalam pengawasan perilaku peserta didik. 2) Peran Guru BK berdasarkan aspek preservatif adalah melakukan kontroling,monitoring serta membentuk kelompok belajar. 3) Peran Guru BK dalam pelaksanaan tindakan korektif antaranya: memberikan konseling, peringatan, serta tindakan lanjutan. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru BK serta pihak terkait untuk bisa mengatasi hambatan yang ditemui agar perubahan perilaku peserta didik dapat berjalan seoptimal mungkin.