Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang terlambat datang ke sekolah, adanya peserta didik yang tidak mau merapikan baju sekolah dan adanya peserta didik yang menggunakan sepatu sekolah selain berwarna hitam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Control melalui layanan informasi terkait memperbaiki diri sendiri. 2) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Control melalui layanan informasi terkait memotivasi diri sendiri. 3) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Control melalui layanan informasi terkait mengontrol diri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 32 peserta didik sampel yang dipilih menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 32 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Control melalui layanan informasi terkait memperbaiki diri sendiri berada pada kategori cukup baik. 2) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Control melalui layanan informasi terkait memotivasi diri sendiri berada pada kategori cukup baik. 3) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan Self Control melalui layanan informasi terkait mengontrol diri berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK untuk meningkatkan Self Control peserta didik kearah yang lebih positif.