Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Penyesuaian Diri Peserta Didik di Kelas XI SMK Negeri 4 Padang, Skripsi
Main Author: | Puja, Desinta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8454/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8454/3/BABV%20OK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8454/2/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8454/4/PUJA%20DESINTA%20NPM%2015060104%20SKRIPSI.pdf%20OKE.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8454/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang suka menyendiri disaat jam istirahat di sekolah, adanya peserta didik yang merasa sedih, rasa kecewa, atau rasa putus asa dalam setiap masalah, adanya peserta didik yang mencari perhatian ketika ada guru masuk kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Kecerdasan spiritual peserta didik 2) Penyesuaian diri peserta didik, 3) Hubungan kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi penelitian adalah 356 peserta didik yang dipilih dengan teknik proposional random sampling dengan 188 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri peserta didik di kelas XI SMK Negeri 4 Padang diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Gambaran kecerdasan spiritual peserta didik berada pada kriteria cukup baik meliputi : sikap fleksibel, menyesuiakan diri dan mudah mengambil pelajaran, 2) Gambaran penyesuaian diri peserta didik berada pada kriteria cukup baik meliputi: pengendalian diri, eksplorasi dan mampu menghadapi masalah, 3) Terdapat hubungan kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat meningkatkan hubungan kecerdasan spiritual dengan penyesuaian diri peserta didik yang lebih baik.