Korelasi Regulasi Emosi dengan Hubungan Sosial Peserta Didik di Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lubuk Basung
Main Author: | Desi, Asril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8441/4/DESI%20ASRIL%20NPM%20150600556%20SKRIPSI-dikonversi%20ok-dikonversi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8441/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8441/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8441/2/PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8441/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang tidak memiliki teman akrab, adanya peserta didik yang kurang mengetahui cara memulai hubungan sosial dengan orang lain dan adanya peserta didik yang kurang mampu bekerja sama dengan teman. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Regulasi Emosi peserta didik di kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lubuk Basung, 2) Hubungan sosial peserta didik di di kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lubuk Basung, 3) Korelasi regulasi emosi dengan hubungan sosial peserta didik di kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lubuk Basung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi penelitian adalah 127 peserta didik yang dipilih dengan teknik proportional random sampling dengan 56 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase dan korelasi. Hasil penelitian tentang korelasi regulasi emosi dengan hubungan sosial peserta didik di kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Lubuk Basung dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Regulasi emosi peserta didik berada pada kategori cukup baik. 2) Hubungan Sosial peserta didik berada pada kategori cukup baik. 3) Terdapat korelasi antara regulasi emosi dengan hubungan sosial peserta didik dengan koefisen hubungan yang cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada peserta didik agar mampu meningkatkan regulasi emosi dan hubungan sosial sehingga dapat memiliki hubungan sosial yang baik di lingkungan sekolah, rumah dan masyarakat. Kata Kunci: Regulasi Emosi, Hubungan Sosial