Hubungan Minat Belajar dengan Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas XI SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Velawati, Anggraini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8440/3/VELAWATI%20ANGGRAINI%2015060054%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8440/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8440/2/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8440/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8440/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang main handphone saat jam pelajaran berlangsung, adanya peserta yang membuat mainan dari kertas, adannya peserta didik yang suka mencoret-coret meja, adanya peserta didik yang suka menjahili temanya saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Gambaran minat belajar 2) Gambaran motivasi belajar 3) Hubungan minat belajar dengan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasi. Populasi penelitian adalah 319 peserta didik yang dipilih dengan teknik proportional random sampling sehingga sampel menjadi 76 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan minat belajar dengan motivasi belajar peserta didik di kelas XI SMA N 1 Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Minat belajar peserta didik berada pada kategori tinggi. 2) Motivasi belajar peserta didik berada pada kategori cukup tinggi. 3) Adanya hubungan yang signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar dinyatakan karena r hitung > r tabel (0,342>0,225) dengan kata lain hipotesis yang diterima berbunyi terdapat hubungan positif dengan koefisien cukup kuat antara minat belajar dengan motivasi belajar. Penelitian ini di rekomendasikan kepada guru BK agar dapat meningkatkan minat belajar dan motivasi belajar peserta didik melalui pemberian media pembelajaran yang menarik dan pemberian layanan informasi.