Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang yang mengejek dan memperolok-olokkan temannya, adanya peserta didik yang suka meludahi teman dan adanya peserta didik yang mempermalukan temannya ketika proses belajar berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguraikan : 1) Gambaran tentang konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pancung Soal. 2) Gambaran tentang perilaku bullying peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pancung Soal. 3) Pengaruh konsep diri terhadap perilaku bullying kelas XI SMA Negari 1 Pancung Soal. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 159 peserta didik yang dipilih dengan teknik propotional random sampling dengan 61 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan klasifikasi persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh konsep diri terhadap perilaku bullying pada peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Pancung Soal dapat disimpulkan dari: 1) Gambaran tentang konsep diri peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pancung Soal berada pada kategori cukup baik. 2) Gambaran tentang perilaku bullying peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pancung Soal berada pada kategori cukup tinggi. 3) terdapat pengaruh konsep diri terhadap perilaku bullying kelas XI SMA Negari 1 Pancung Soal sebesar 64% . Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat mengurangi perilaku yang kurang baik terhadap sesama teman dengan cara menumbuhkan pemikiran positif agar dapat menjaga sikap pertemanan satu sama lain.