Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Perilaku Belajar Peserta Didik Kelas XII di SMA PGRI 1 Padang
Main Author: | Pebrianti, Amelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8434/2/PEBRIANTI%20AMELIA%2015060038%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8434/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8434/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8434/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8434/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki perilaku belajar yang kurang baik seperti, adanya peserta didik yang tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung, adanya peserta didik sulit memahami pelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran kurang kondusif. Penelitian ini untuk mengetahui: 1) Perhatian orang tua, 2) Perilaku belajar peserta didik, 3) Pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian yaitu berjumlah 126 peserta didik. Pengambilan sampel diambil secara propotional random sampling dengan jumlah 96 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan interval skor, Uji t dan r2. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik kelas XII di SMA PGRI 1 Padang diperoleh data sebagai berikut: 1) Perhatian orang tua berada pada kategori tinggi 2) Perilaku belajar berada pada kategori baik, 3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian yaitu kelas XII SMA PGRI 1 Padang dengan jumlah 126 peserta didik. Teknik pengambilan sampel diambil secara propotional random sampling dengan jumlah 96 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan interval skor, uji t dan R2. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik kelas XII di SMA PGRI 1 Padang diperoleh data sebagai berikut: 1) Perhatian orang tua terhadap peserta didik berada pada kategori tinggi, 2) Perilaku belajar peserta didik berada pada kategori baik, 3) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku belajar peserta didik. Penelitian ini direkomendasikan kepada oarng tua hendaknya lebih memperhatikan kebutuhan anaknya berupa kasih sayang, kebutuhan fisik dan kebutuhan psikis.