Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perilaku peserta didik yang introvert di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Karakteristik remaja berkepriadian introvert, 2) Faktor penyebab remaja berkepribadian introvert, 3) Dampak dari remaja berkepribadian introvert, 4) Bentuk layanan yang telah diberikan oleh pihak sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara dan studi dokumentasi, teknik yang digunakan dalam pengolahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik dan memiliki 1 informan kunci dan 3 informan tambahan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Profil karakteristik remaja berkepribadian introvert yakni peserta didik menjaga jarak dari teman yang lain; 2) Profil faktor penyebab remaja berkepribadian introvert yakni faktor internal adanya trauma masa lalu, dan faktor ekternalnya peserta didik kurang motivasi; 3) Profil dampak dari remaja berkepribadian introvert yakni peserta didik selalu mengasingkan diri; 4) Profil bentuk layanan yang telah diberikan oleh pihak sekolah yakni layanan informasi dan layanan konseling individual kepada peserta didik. Kata kunci: Karakteristik, faktor penyebab, dampak, dan pelayanan konseling