Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang peneliti temukan dilapangan adanya peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk soft skill peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam perencanaan layanan, pelaksanaan layanan, evaluasi hasil layanan mengenai pembentukan soft skills, serta bagaimana program BK di sekolah tersebut dan waktu dalam pemberian pelayanan oleh guru BK untuk membentuk soft skills peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan mendeskripsikan secara sistematis, faktual dan akurat mengetahui realita di lapangan tentang peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk soft skills peserta didik. Adapun yang menjadi informan kunci dan informan tambahan dalam penelitian ini adalah: Guru BK, Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum, Wali kelas dan Guru Mata Pelajaran. Instrument yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengelolahan data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: peran guru bimbingan konseling dalam membentuk soft skills dilihat dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hasil layanan. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk guru bimbingan dan konseling agar dapat meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian dan sosial guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan terkait membentuk soft skills peserta didik