Dengan Judul, Profil Motivasi Belajar Peserta Didik di Kelas XI IPS SMA N 9 Padang
Main Author: | Mia, Silvia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8430/3/MIYA%20SILVIA%20NPM%2015060027%20SKTIPSI-dikonversi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8430/1/ABSTRAK%20miya.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8430/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8430/4/KEPUSTAKAAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8430/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang terlihat malas untuk mengikuti proses pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) Profil motivasi belajar peserta didik kurang tekun dalam belajar. (2) Profil motivasi belajar peserta didik kurang ulet dalam menghadapi kesulitan. (3) Profil motivasi peserta didik tidak memiliki minat dan ketajaman perhatian dalam belajar . (4) Profil motivasi belajar peserta didik kurang berprestasi dalam belajar. (5) Profil motivasi belajar peserta didik tidak mandiri dalam proses belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 162 peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling. dengan 62 responden. Instrumen yang digunakan yaitu angket Penelitian menggunakan analisis data dengan menggunakan bantuan microsoft Excel 2007 dan SPSS (Statistical Program For Social Science). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa profil motivasi belajar peserta didik di kelas XI SMA N 9 padang yaitu (1) Profil motivasi belajar peserta didik kurang tekun dalam belajar berada pada kategori banyak. (2) Profil motivasi belajar peserta didik kurang ulet dalam menghadapi kesulitan berada pada kategori sangat banyak. (3) Profil motivasi peserta didik tidak memiliki minat dan ketajaman perhatian dalam belajar berada pada kategori banyak. (4) Profil motivasi belajar peserta didik kurang berprestasi dalam belajar berada pada kategori banyak. (5) Profil motivasi belajar peserta didik tidak mandiri dalam proses belajar berada pada kategori banyak. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan bahwa pesereta didik dapat mengetahui profil motivasi belajar.