Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang hanya peduli pada kelompoknya saja, saat berkumpul bersama ada peserta didik yang kurang dalam hal berbagi dengan teman, seperti berbagi makanan, saat ada temannya yang meminta tolong peserta didik hanya diam saja tidak suka menolong teman di kelasnnya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Empati peserta didik SMA Tamansiswa Padang. 2) Perilaku prososial peserta didik SMA Tamansiswa Padang. 3) Hubungan empati dengan perilaku prososial peserta SMA Tamansiswa Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasi. Populasi penelitian adalah 67 peserta didik yang dipilih dengan teknik total sampling dengan 67 partisipan. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan antara empati dengan perilaku prososial peserta didik SMA Tamansiswa Padang dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Gambaran empati peserta didik SMA Tamansiswa Padang berada pada kategori cukup baik. 2) Gambaran perilaku prososial peserta didik SMA Tamansiswa Padang cukup baik. 3) Terdapat hubungan anatara empati dengan perilaku prososial peserta didik SMA Tamansiswa Padang dengan korelasi cukup kuat. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan kepada guru bimbingan dan konseling untuk lebih memperhatikan sikap empati dan perilaku prososial peserta didik di sekolah dan di lingkungan sekitar agar dapat memiliki sikap empati yang tinggi dan perilaku prososial yang tinggi .