Hubungan Kualitas Komunikasi Orang Tua dengan Perasaan Happiness Peserta Didik di Kelas XI SMA N 1 Sungai Rumbai
Main Author: | Nelda, Oktaviani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8428/3/15060023%20-%20NELDA%20OKTAVIANI%20%28skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8428/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8428/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8428/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang pendiam, adanya peserta didik yang kurang percaya diri, adanya peserta didik yang sering murung di kelas, adanya peserta didik yang tidak bersemangat, adanya peserta didik yang suka menyendiri. Fenomena tersebut mengindikasikan perasaan tidak happiness pada peserta didik. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan 1) Kualitas komunikasi orang tua peserta didik, 2) Perasaan Happiness peserta didik, 3) Menguji hipotesis hubungan yang signifikan dalam kualitas komunikasi orang tua dengan Perasaan Happiness peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan analisis korelasional. Populasi penelitian adalah 170 peserta didik yang dipilih dengan teknik simple random sampling dengan 63 partisipan. Instrument yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan persentase dan korelasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kualitas komunikasi orang tua di kelas XI SMA N 1 Sungai Rumbai berada pada kategori baik, 2) Perasaan Happiness peserta didik di kelas XI SMA N 1 Sungai Rumbai berada pada kategori rendah, 3) Terdapat hubungan kualitas komunikasi orang tua dengan perasaan happiness peserta didik di kelas XI SMA N 1 Sungai Rumbai. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada guru BK agar dapat memahami dan mengetahui tentang peserta didik yang kurang mendapatkan kebahagiaan dari orang tua serta bisa memberikan pemahaman dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk bisa mengikuti proses belajar maupun kegiatan disekolah dengan baik dan mendapatkan kebahagiaan pada diri peserta didik.