Hubungan Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Dalam belajar Peserta Didik di Kelas XII SMA Negeri 5 Solok Selatan
Main Author: | Iis, Marlina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8422/4/15060008%20IIS%20MARLINA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8422/1/ABSTRACK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8422/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8422/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8422/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang semangat belajar karena konflik dengan teman sekelas, adanya peserta didik yang tidak bisa belajar dengan baik karena terbatasnya teman diskusi, adanya peserta didik yang menyontek saat ulangan, adanya peserta didik yang gugup saat berbicara di depan kelas saat belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Dukungan sosial, 2) Self efficacy dalam belajar, 3) Hubungan dukungan sosial dengan self efficacy dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif korelasi. Populasi penelitian adalah 221 peserta didik dipilih dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian menjadi 69 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik presentase dan korelasi. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Dukungan Sosial Peserta Didik di Kelas XII SMA Negeri 5 Solok Selatan berada pada kategori baik. 2) Self Efficacy dalam belajar peserta didik di kelas XII SMA Negeri 5 Solok Selatan berada pada kategori Tinggi. 3) Terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan self efficacy dalam belajar peserta didik di Kelas XII SMA Negeri 5 Solok Selatan koefesien lemah arah korelasi positif. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan guru BK agar meningkatkan dukungan sosial dan self efficacy dalam belajar peserta didik. Kata kunci : Dukungan Sosial, self efficacy