Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik pindahan yang mengalami penyesuaian diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil penyesuaian diri peserta didik pindahan dilihat dari: 1) karakteristik penyesuaian diri yang positif, 2) karaktristik penyesuaian diri yang salah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Informan kunci 2 orang peserta didik dan informan tambahan 4 orang yang terdiri dari guru BK, wali kelas IPS 2, wali kelas IPS 4, guru bahasa indonesia. Penelitian ini difokuskan kepada penyesuaian diri peserta didik pindahan yang dilihat dari karakteristik penyesuaian diri yang positif dan penyesuaian diri yang salah. Instrumen yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) karakteristik penyesuian diri yang positif yang dialami informan kunci yaitu Penyesuaian diri dalam menghadapi masalah, penyesuaian diri dengan melakukan ekplorasi(penjajahan), penyesuaian diri dengan trial an error, penyesuaian diri dengan subtitusi, penyesuaian diri secara belajar, Penyesuaian diri dengan pengadilan diri, penyesuaian diri dengan perencanaan yang cermat, 2) karakteristik penyesuaian yang salah yang dialami informan kunci yaitu reaksi bertahan seperti membenarkan tindakan yang salah,tidak bisa melupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, reaksi menyerang seperti marah, suka balas dendam, reaksi melarikan diri seperti sering melamun dan malas. Dari hasi penelitian ini dapat direkomendasikan kepada guru BK untuk melaksanakan layanan untuk mengembangkan penyesuaian diri peserta didik.