Hubungan Konsep Diri dengan Perilaku Prososial Peserta di Kelas XI IPS SMAN 1 Mukomuko
Main Author: | Ela, Novia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8420/3/15060003%20ELA%20NOFIA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8420/1/ABSTRACK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8420/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8420/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8420/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang belum mengetahui kemampuan dirinya, adanya peserta didik menolong hanya teman dekatnya saja, adanya peserta didik kurang peduli didalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Konsep diri peserta didik, 2) Perilaku prososial peserta didik, 3) Hubungan konsep diri dengan perilaku prososial peserta didik di kelas XI IPS SMAN 1 Mukomuko. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Populasi penelitian adalah 120 peserta didik. Dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Propotionate Random Sampling. Dengan sampel 54 peserta didik. Instrumen yang digunakan yaitu angket. dan analisis data menggunakan teknik prasyarat data, statistik deskriptif dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian tentang hubungan konsep diri dengan perilaku prososial peserta didik dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Konsep diri peserta didik berada pada kategori tinggi. 2) Perilaku prososial peserta didik berada pada kategori baik. 3) Hubungan konsep diri dengan perilaku prososial peserta didik terdapat ada hubungan yang signifikan dengan koefisien lemah. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar bisa meningkatkan konsep diri lebih tinggi lagi dan meningkatkan perilaku prososial lebih baik lagi.