Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS SMAN 3 Kabupaten Solok Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Dola, Iskawela |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/842/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/842/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/842/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/842/4/13070241%20DOLA%20ISKAWELA%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/842/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS SMAN 3 Kabupaten Solok Selatan. Rendahnya hasil belajar siswa, model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru, guru menjelaskan materi, memberi contoh soal, memberi latihan sehingga siswa hanya mendengarkan dan mencatat penjelasan dari guru, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran, kebanyakan dari siswa hanya menunggu materi dan informasi dari guru saja. Berdasarkan latar belakang tersebut telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Everyone Is A Teacher Here (eth) terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu kelas XI IPS1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis pada ranah kongnitif dalam bentuk soal objektif sebanyak 19 butir soal, Analisis data ini dilakukan dengan uji-t dengan kriteria thitung < ttabel dengan taraf nyata 0,05. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji-t didapatkan harga thitung = 0,15 sedangkan ttabel = 1,674 hal ini menunjukan thitung ttabel ini berarti hipotesis diterima. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktif tipe everyone is a teacher here (eth) dapat meningkatkan hasil belajar soiologi siswa.