Pengaruh Penerapan Model Pembelaajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lubuk Basung

Main Author: Maulidia, Yuliadni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8415/1/15050071-MAULIDIA%20YULIADNI-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8415/2/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8415/3/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8415/4/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8415/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang ditinjau dari hasil ujian akhir semester II siswa kelas X MIA SMAN 1 Lubuk Basung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian pre-test dan post-test group. Teknik pemilihan sampel yaitu menggunakan random sampling dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1. Instrumen penelitian yaitu tes awal dan tes akhir yang mengandung indikator kemampuan pemecahan masalah matematika yang diberikan sebelum dan sesudah menerapkan Problem Based Learning (PBL). Teknik analisis yang digunakan adalah uji satu pihak. Hasil perhitungan diperoleh nilai dengan N=31 dan . Sedangkan maka tolak H0. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lubuk Basung.