Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, mereka kurang mampu menyelesaikan soal yang bersifat non rutin dan siswa masih kurang mengembangkan ide dan kemampuan yang dimilikinya Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Padang melalui model problem based learning berdasarkan tingkat Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa. Dimana siswa dibagi menjadi 3 kategori yaitu KAM Tinggi, KAM Sedang dan KAM rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian preeksperimen, dengan rancangan penelitian one shot case study. Subjek pada penelitian ini siswa kelas VIII.7 . Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes akhir. Tes yang digunakan adalah berbentuk essay. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deksriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data secara keseluruhan, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model problem based learning menjadi lebih baik. Siswa yang awalnya berkemampuan rendah meningkat menjadi siswa berkemampuan sedang dengan peningkatan sebesar 75%. Siswa yang awalnya tergolong berkemampuan sedang meningkat menjadi siswa berkemampuan tinggi sebesar 26%. Siswa sudah mampu 1) memahami masalah, 2) menyusun rencana penyelesaian, 3) melaksanakan penyelesaian, dan 4) mengecek kembali jawaban.