Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Disertai Reward Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX-2 SMP Muhammadiyah 6 Padang
Main Author: | Novia, Rahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8412/4/NOVIA%20RAHMI%20%20%2815050054%29%20SKRISI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8412/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8412/2/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8412/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8412/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan siswa kurang mau berbagi pengetahuan dalam belajar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing disertai Reward terhadap hasil belajar siswa kelas IX-2 SMP Muhammadiyah 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan rancangan pre-test dan post-test group uji. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 6 Padang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling purposive, terpilih kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test berbentuk esai. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji t. Berdasarkan perhitungan uji t dengan α = 0,05 maka diperoleh thitung = 5,503 dan ttabel = 1,701, karena thitung > ttabel maka hipotesis H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif Tipe Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX-2 SMP Muhammadiyah 6 Padang.