Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Disertai Strategi Pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA 1 SMA PGRI 1 Padang

Main Author: Annisa, Suci Ananda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8410/4/ANNISA%20SUCI%20ANANDA%2015050053%20SKRIPSI.pdf%20OK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8410/2/%232.%20ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8410/1/BAB%205.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8410/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8410/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang hasil belajar matematika masih banyak di bawah KKM. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif disertai strategi pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA 1 SMA PGRI 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah Pre Eksperimental Design, dengan desain penelitian yaitu one shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPA 1 SMA PGRI 1 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan purposive sample, sampel yang terpilih adalah kelas XII IPA 1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk soal uraian. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji t satu pihak. Berdasarkan perhitungan uji t satu pihak dengan α = 0,05 maka diperoleh thitumg = 1,965 dan ttabel = 1,717. Ini berarti hipotesis ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif disertai strategi pembelajaran Preview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII IPA 1 SMA PGRI 1 Padang.