Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Square terhadap Disposisi dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI RPL 2 SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman

Main Author: Miftahul, Rizka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8409/4/15050045-MIFTAHUL%20RIZKA-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8409/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8409/3/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8409/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8409/
Daftar Isi:
  • Pemahaman konsep matematis merupakan salah satu kemampuan dasar matematika yang penting untuk dimiliki oleh setiap siswa dalam belajar matematika. Sesuai dengan pedoman pembelajaran matematika Kurikulum 2013 bahwa pembinaan soft skills dan hard skills dilaksanakan secara bersamaan dan berimbang. Salah satu soft skill tersebut adalah disposisi matematis yang harus dikembangkan dan dioptimalkan pada siswa. Tujuan penelitian ini diantaranya: (1) Untuk mengetahui bagaimana disposisi matematis siswa; (2) Apakah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI RPL 2 SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman setelah diterapkan lebih baik daripada sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan rancangan penelitian pre-test dan post-test. Subjek diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa kelas XI RPL 2 SMK Negeri 1 Sintuk Toboh Gadang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 28 orang siswa. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes awal (pre-test) dan tes akhir (post-test) dalam bentuk essay serta angket disposisi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t berpasangan. Hasil penelitian ini diantaranya: (1) Persentase disposisi matematis siswa dan setiap indikator disposisi matematis mencapai lebih dari 60% yang menunjukkan bahwa siswa memiliki sikap yang positif dengan kriteria kuat dalam belajar matematika dan menyelesaikan soal matematika serta diperlukan pengembangan terus menerus dan berkelanjutan; (2) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan lebih baik daripada sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan nilai pada taraf sehingga tolak .