Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Pariaman
Main Author: | Ulfa, Hayatul Pitri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8406/4/ULFA%20HAYATUL%20PITRI%20-%2015050037%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8406/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8406/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8406/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8406/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematika siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada sebelum diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di kelas XI IPA SMAN 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Pra-Experimental Design, dengan desain penelitian yaitu Pre-test dan Post-test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Pariaman, yang terdiri lima kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas XI IPA 3 sebagai sampel. Instrumen penelitian adalah pre-test dan post test berbentuk soal uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Paired Sample T-Test. Hasil uji hipotesis yang diperoleh adalah dan karena sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik daripada sebelum menerapkan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas XI IPA SMA Negeri 4 Pariaman.