Analisis Pemahaman Konsep dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Pebri, Sukma Indriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8403/3/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8403/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8403/2/BAB%20V%20PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8403/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8403/
Daftar Isi:
  • Permasalahan pemahaman konsep matematis siswa dalam menyelesaikan masalah masih rendah dan siswa kurang berminat dalam belajar matematika menjadi fokus pada penelitian ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian seluruh siswa kelas XI IIS SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan stratified random sampling. Jumlah sampel 12 siswa yang terdiri dari 2 siswa dengan minat tinggi, 8 siswa dengan minat sedang dan 2 siswa dengan minat rendah. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis. Minat belajar matematika siswa dianalisis berdasarkan angket minat belajar dan pemahaman konsep matematis siswa dianalisis berdasarkan lembar jawaban siswa dengan memperhatikan keenam indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan minat belajar tinggi sangat serius dan terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung serta mempunyai pemahaman konsep baik sehingga dapat menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Jadi disimpulkan bahwa minat belajar matematika berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan penyelesaian masalah matematika.