Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif Siswa Kelas XII MIPA 3 SMAN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman
Main Author: | Uchy, Devinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8398/4/UCHY%20DEVINDA%20-%2015050008%20%28Skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8398/1/ABSTRAK%20uchy%20devinda.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8398/2/BAB%20V%20uchy%20devinda.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8398/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20uchy%20devinda.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8398/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dan karakteristik siswa dalam menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif siswa kelas XII MIPA SMAN 1 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berbentk tes (MFFT), tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan wawancara. Teknik analisis data yang menggunakan teknik analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif berada pada kriteria tinggi, sedang dan rendah dengan kemampuan pemecahan masalah matematika kriteria sedang lebih dominan. Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif berada pada kriteria sedang, rendah dengan kemampuan pemecahan masalah matematika kriteria rendah lebih dominan.