Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang Tahun 2019/2020

Main Author: Yulia, Permata Sari T
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8397/4/YULIA%20PERMATA%20SARI%20T.%20-%2015050001%20%28Skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8397/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8397/2/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8397/3/DAFTAR%20%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8397/
Daftar Isi:
  • Pada penelitian ini permasalahan yang dilihat adalah hasil belajar matematika siswa dan kemandirian belajar siswa yang masih rendah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa setelah menerapkan Numbered Heads Together (NHT) dan apakah hasil belajar matematika siswa lebih baik pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan desain penelitian Pre Test and Post Test Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah tiga kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu Purposive Sampling. Kelas yang terpilih sebagai kelas sampel adalah . Instrumen yang digunakan adalah soal Pre test dan Post test dan angket kemandirian belajar siswa . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Penelitian ini telah dilaksanakan dengan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = -21,96 dan ttabel = -1,70, maka thitung -ttabel diterima. Jadi disimpulkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas SMP Muhammadiyah 6 Padang dan berdasarkan analisis angket, kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) termasuk dalam kriteria kuat.