Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 1 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan

Main Author: Azra, Manda Sari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8395/4/14050084-AZRA%20MANDA%20SARI%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8395/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8395/2/BAB%20PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8395/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8395/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah dan kurangnya kemampuan siswa dalam penyelesaian masalah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 1 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental, dengan rancangan one shot case study. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling purposive. Sampel yang terpilih adalah kelas VII.1. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai. Berdasarkan hasil uji hipotesis penelitian diperoleh nilai zhitung = 2,42 dan ztabel = 1,64. Karena zhitung > ztabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 1 Solok Selatan Kabupaten Solok Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019.