Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang dan siswa tidak mau bekerjasama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 5 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan desain penelitian one shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah sembilan kelas.Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampel. Kelas yang dipilih sebagai kelas sampel adalah VIII-5. Instrumen yang digunakan adalah soal posttest berupa essay.Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa rata – rata ujian tes akhir siswa sebesar 85,16 serta hasil uji hipotesis dengan maka diperoleh nilai dan, karena maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa KelasVIII SMPN 5 Padang.