Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan pembelajaran kelompok belum terlaksana secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar dengan menerapakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada hasil belajar matematika tanpa menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap siswa Kelas VII SMPN 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 30 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih pertama yaitu VII 5 sebagai kelas eksperimen dan yang terpilih kedua yaitu kelas VII 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes yang diberikan berbentuk essai. Teknik analisis data menggunakan uji-t satu pihak. Hasil analisis tes akhir diketahui hasil kedua kelas sampel berdistibusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh dan, dengan taraf nyata. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa tanpa menerapkan Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap siswa Kelas VII SMPN 30 Padang.