Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih banyak di bawah KKM dan siswa lebih suka menyalin hasil dari siswa berkemampuan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII4 MTsN 4 Pasaman Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimental, dengan rancangan penelitian One shot case study atau rancangan penelitian dengan menggunakan satu kelas yaitu kelas eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 4 Pasaman. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan Purposive sampling, sampel yang terpilih adalah kelas VIII4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk soal uraian yang berjumlah 7 butir soal. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu uji z. Berdasarkan hasil perhitungan uji z yaitu zhitung = 0,3 dan ztabel = 0,22. karena nilai zhitung > ztabel, maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe active knowledge sharing terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII4 MTsN 4 Pasaman.