Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data, informasi, dan gambaran mengenai Persepsi Pedagang Dan Masyarakat Terhadap Relokasi Pasar Baru Di Kenagarian Abai Siat Kecamatan Koto Besar dilihat dari: 1) Persepsi Lokasi, 2) Persepsi pengelolaan, 3) Persepsi sarana dan prasarana, 4) persepsi pendapatan. Jenis penelitian ini tergolong pada Mixed Method. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang dan masyarakat dengan jumlah sampel sebanyak 1411 KK dan 128 pedagang. Sampel penelitian ini diambil dengan metode Proporsional Random Sampling. Sedangkan secara Kualitatif dengan teknik Purposive dengan informan wali nagari, pengelola pasar, pedagang dan pengunjung. Pedagang dan pengunjung diambil secara Accidental Sampling yakni siapa saja secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sebagai sampel. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa: 1) Persepsi pedagang dan masyarakat terhadap lokasi dalam kategori baik. Dari hasil wawancara disimpulkan lokasi pasar baru strategis, luas dan dekat dengan pemukiman penduduk. 2) Persepsi pedagang dan masyarakat terhadap pengelolaan termasuk dalam kategori kurang baik. Dari hasil wawancara disimpulkan belum diaturnya serta belum adanya tegasan dari pihak pengelola untuk mengisi kios/ los yang telah disediakan sehingga pasar dapat dikategorikan belum terkelola dengan baik. 3) Persepsi pedagang dan masyarakat terhadap sarana dan prasarana termasuk dalam kategori kurang baik. Dari hasil wawancara bahwa masih banyak sarana dan prasarana yang belum memadai serta belum tersedia di pasar baru. 4) persepsi pedagang terhadap pendapatan termasuk dalam kategori baik. Dan hasil wawancara disimpulkan pendapatan pedagang meningkat dikarenakan lokasi yang strategis dan dekat dengan pemukiman penduduk.