Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya motivasi dan hasil belajar geografi kelas X SMA Negeri 12 Padang yang diperkirakan disebabkan karenaketidaksesuaian model pembelajaran yang dipakai oleh guru di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dan menganalisis data tentang pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X SMA Negeri 12 Padang. Jenis penelitian yang diguanakan dalam penelitian ini adalah ekperimen kuantitaf. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang belajar geografi yang berjumlah 169 orang siswa. Sampel responden dalam penelitian ini dipilih dengan cara random sampling yang berjumlah 64 orang siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes. Berdasarkan analisis korelasi maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learningterhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi di kelas X SMA Negeri 12 Padang.