Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Pariangan, Kabupaten Tanah Datar
Main Author: | Raudhatul, Husna |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8356/3/RAUDHATUL%20HUSNA%2015030024%20SKRIPSI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8356/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8356/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8356/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8356/ |
Daftar Isi:
- Kemampuan siswa yang rendah disebabkan oleh kurangnya membahas suatu permasalahan dengan berfikir kritis dan masih banyak dari siswa tersebut kurang berani dalam mengeluarkan pendapat dalam berdiskusi. Mengetahui dan menganalisis pengaruh model belajar problem solving terhadap kemampuan berfikir kritis siswa merupakan salah satu tujuan dalam sebuah penelitian ini dengan metode kuantitatif, memakai teknik random sampling dan menggunakan tes akhir. Dengan jumlah populasi 188 orang siswa kelas sepuluh IPS Tahun ajaran 2018/2019. Yang menjadi sampel penelitian ialah siswa kelas sepuluh IPS enam sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang siswa dan kelas sepuluh IPS satu dijadikan kelas Kontrol yang berjumlah 32 orang siswa Sekolah Menengah Atas Negeri satu Pariangan Kabupaten Tanah Datar Tahun pelajaran 2018/2019. Dengan hasil signifikan sebesar 0.013 yang ditetapkan sebagai kriteria apabila nilai sig (2-tailed) α 0.05 dengan hasil uji-t sebesar 2.556, angka ini menunjukan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah berpengaruh kepada kemampuan berfikir kritis siswa.