Pemahaman Siswa Dalam Mempelajari Materi Sosiologi Dengan Menggunakan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab Pada Siswa Kelas Xi SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat
Main Author: | Yetni, Yetni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/835/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/835/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/835/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/835/4/13070202%20YETNI%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/835/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman yang diperoleh siswa kelas XI IPS3 pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemahaman siswa dalam mempelajarari materi sosiologi dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab pada siswa kelas XI IPS3 . Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitivisme. Teori kognitif adalah teori yang umumnya dikaitkan dengan proses belajar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan tipedeskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah guru sosiologi kelas XI IPS3.Teknik pengumpulan dengan observasi,wawancaea dan studi dokumen.Unit penelitian dalam penelitian ini adalah individu yaitu guru sosiologi dan siswa kelas XI IPS3 . Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa siswa kelas XI IPS3 dapat memahami penjelasan guru dengan metode cermah dan tanya jawab tapi hanya pada kategori tingkat terendah dan tingkat kedua. Pada kelas XI IPS3 pemahaman siswa termasuk kedalam kategori tingkat rendah yaitu 5 orang siswa. Sedangkan yang termasuk dalam kategori tingkat kedua yaitu 7 orang siswa pada pertemuan pertama dan pada pertemuan ke dua yang termasuk kategori tingkat terendah 2 orang siswa dan tingkat ke dua 1 orang. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab pemahaman siswa berada pada kategori tingkat terendah dan kedua.