Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangan oleh pemahaman yang dimiliki siswa masih rendah. Selain itu banyak siswa yang bersifat acuh dalam materi yang diberikan guru sehingga sewaktu diadakan ulangan banyak siswa yang tidak menjawab pertanyaan yang diberikan gurudansiswa yang berkemampuan sedang dan rendah lebih cendrung bertanya kepada siswa yang berkemampuan tinggi.Dalam proses pembelajarannya SMAN 1 sebagaian besar gurunya hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa bosan dalam kelas dan tidak terlalu memperhatikan guru dalam menjelaskan materi yang sedang diajarkan. Maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi everyone is teacher here lebih baik dari pada pemahaman konsep dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Sungai Beremas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMAN 1 Sungai Beremas yang terdaftar tahun ajaran 2017/2018sebanyak 66 orang. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 dan Kelas XI IPS 2 yang berjumlah 43 orang. Dimana kelas XI IPS 1 kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 kelas kontrol..Dengan pengambilan sampel secara purposive sampling..Intrumen yang digunakan adalah tes akhir.Bentuk tes akhir yang digunakan adalah berupaobjektif. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada α = 0,05 diperoleh = 3,649 dan = 0,95. Karena > berarti Ho ditolak, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi everyone is teacher here lebih baik dari pada pemahaman konsep dengan menerapkan pembelajaran konvensional.