Daftar Isi:
  • Latarbelakang dari penelitian ini terdiri dari permasalahan diantaranya yaitu, pelaksanaan praktikum di SMAN 1 Pancung Soal belum menggunakan penuntun praktikum. pelaksanaan kegiatan praktikum yang dilakukan oleh guru hanya berpedoman kepada buku paket. Penggunaan buku paket sebagai penuntun praktikum tidak efektif, karena buku paket lebih menjelaskan teori sedangkan petunjuk kerja praktikum hanya dijelaskan secara umum atau tidak terperinci. Penelitian ini bertujuan menghasilkan penuntun praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi dunia tumbuhan untuk SMA kelas X yang valid dan praktis. Penelitian ini ialah penelitian pengembangan dengan 4-D model yang terbagi 4 tahapan diantaranya pendefenisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Dessiminate). Penelitian ini dilakukan sampai tahap Develop yaitu melakukan uji validitas dengan pengisian angket oleh dosen dan guru biologi. Selanjutnya dilakukan uji praktikalitas dengan pengisian angket oleh guru biologi dan siswa kelas XI. Data analisis diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas penuntun praktikum oleh validator didapatkan nilai sebasar 89% dengan kriteria sangat valid. Untuk hasil uji praktikalitas oleh guru didapatkan nilai sebesar 89,94% dengan kriteria sangat praktis dan hasil uji praktikalitas oleh siswa didapatkan dengan nilai sebesar 91,45% dengan kriteria sangat praktis. Sehingga kesimpulan yang dihasilkan dari penuntun praktikum biologi berbasis inkuiri terbimbing pada materi dunia tumbuhan untuk siswa kelas X SMAN 1 Pancung Soal yang sangat valid dan sangat praktis.