Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sitiung
Main Author: | Elsa, Feronika Yulianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8295/1/15010005-ELSA%20FERONIKA%20YULIANTO%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8295/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8295/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8295/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8295/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Sitiung yang dilakukan belum dapat mengaktifkan siswa, dikarenakan kurangnya variasi pendidik dalam memanfaatkan metode dan strategi serta belum menggunakan model pembelajaran, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa berada di.bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 73. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning disertai media video terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sitiung. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posstest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sitiung pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas eksperimen X MIA 2 dan kelas kontrol X MIA 3. Instrumen penelitian ranah afektif berupa lembar observasi sikap siswa selama proses pembelajaran, ranah kognitif berupa soal pilihan ganda yang diberikan dalam bentuk tes tertulis dan ranah psikomotor dilihat dari penilaian laporan hasil diskusi dan penilaian produk. Teknik analisis data ranah afektif dan kognitif menggunakan uji-t sementara ranah psikomotor dengan uji-t'. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar pada ranah afektif yaitu rata-rata kelas eksperimen 89,81 dan kelas kontrol 84. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung 2,39 > ttabel 1,67, maka hipotesis H1 diterima. Pada ranah kognitif yaitu rata-rata kelas eksperimen 85,39 dan kelas kontrol 79,60. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung 2,52 > ttabel 1,67, maka hipotesis H1 diterima. Sedangkan pada ranah psikomotor yaitu rata-rata kelas eksperimen 91,35 dan kelas kontrol 86,83. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t' diperoleh thitung 4.52 > ttabel 2,04, maka hipotesis H1 diterima. Model Problem Based Learning disertai media video dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif, kognitif dan psikomotor siswa SMA Negeri 1 Sitiung Kabupaten Dharmasraya Tahun Pelajaran 2018/2019.