Daftar Isi:
  • Penelitian diawali dari beberapa masalah yang sering terjadi yaitu banyak peserta didik kurang aktif, metode yang lebih dominan dipakai ceramah dan tanya jawab, guru hanya menggunakan satu buku sumber saja. Tujuannya mengetahui penerapan model CIRC terhadap hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VIII SMPN 3 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Penelitian berjenis eksperimen memakai rancangan Randomized ControlGroup Posttest Only Design. Populasinya semua peserta didik kelas VIII semester 1, diambil secara purposive sampling, VIII B kelas eksperimen dan VIII A kontrol. Untuk hasil belajar dilihat dari penilaian diri dan antar teman untuk ranah afektif, hasil ulangan harian berupa soal pilihan ganda untuk kognitif, untuk psikomotor. Data dianalisis memakai uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Didapatkan hasil penelitian ranah afektif untuk penilaian diri kelas eksperimen nilai rata-rata 74,71 (C), kontrol 67,90 (C). Sedangkan penilaian antar teman eksperimen 74,90 (C), kontrol 66,87 (C). Untuk kognitif nilai rata-rata eksperimen 70,00 (C), kontrol 58,20 (D). Untuk psikomotor nilai rata-rata eksperimen 68,39 (C), kontrol 47,22 (D). Disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran CIRC dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII pada Ranah Afektif, Kognitif dan Psikomotor.