Penerapan Model Double Loop Problem Solving (DLPS) Terhadap Aktivitas Siswa dalam Pelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam
Main Author: | Mardiah, Mardiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/829/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/829/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/829/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/829/4/13070163M%20ARDIAH%20ok%20Flip.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/829/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pelajaran sosiologi. Dalam pembelajaran aktivitas sangat diperlukan, karena aktivitas merupakan prinsip yang asas dimana siswa secara langsung terlibat guna untuk mencapai tujuan pembelajaran yang afektif. Masalah dalam penelitian ini difokuskan pada aktivitas siswa dalam implementasi model double loop problem solving (DLPS) terhadap aktivitas siswa dalam pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMAN 1 Tanjung Mutiara Kabupaten Agam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme. Satu prinsip yang paling penting dalam psikologi pendidikan adalah bahwa guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa. Siswa harus membangun sendiri pengetahuan di dalam benaknya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan tipe eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 133 siswa. Pengambila sampel menggunakan teknik sampling purposive, jumlah sampel yaitu 33 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian berupa lembaran observasi aktivitas siswa. Pengamatan dilakukan sebanyak 3 kali, dilakukan untuk melihat aktivitas siswa. Hasil penelitian bahwa aktivitas siswa dalam pelajaran sosiologi dengan penerapan model double loop problem solving (DLPS) cenderung mengalami peningkatan. Peningkatan ini terlihat dari jumlah aktivitas yang dilakukan oleh siswa meningkat dengan menggunakan model double loop roblem solving (DLPS). Peningkatan tersebut dapat dilihat pada ke-6 indikator penelitian membaca, mencatat, mendengarkan, bertanya, menjawab, dan mengemukakan pendapat meningkat.