Daftar Isi:
  • Kedisiplinan Guru merupakan suatu sikap atau kesediaan seorang guru untuk menjalankan, menghargai, dan menaati semua peraturan dan norma-norma atau tata tertib yang berlaku di sekolah dan tidak mengelak untuk menerima sanksi apabila melakukan pelanggaran. Sesuai dengan fakta yang ditemukan di lapangan tidak sesuai dengan seharusnya sebab yang dijumpai di sekolah adalah bahwa masih banyak guru yang tidak masuk pada jam mengajar yang dijadwalkan 3 hari dalam satu minggu. Guru yang jarang datang pada jam mengajar tersebut banyak dari guru PNS karena disebabkan oleh jarak tempat tinggal jauh ada yang dari Padang, Bukit Tinggi, Pasir Pangarain (Riau), Rao dan lainnya. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan gambaran kedisiplinan guru dalam melaksanakan tugasnya, dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan guru di SMP Negeri 3 Mapat Tunggul Selatan Jorong 3 Pangian Kabupaten Pasaman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Behavioral Sosiologi dari B.F Skinner. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individu yaitu guru. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran kedisiplinan guru di SMP Negeri 3 Mapat Tunggul Selatan Jorong 3 Pangian Kabupaten Pasaman tersebut dapat dilihat dari tugas-tugasnya, yaitu mulai dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, dan kegiatan membimbing dan melatih peserta didik, serta melaksanakan tugas tambahan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kedisiplinan guru tersebut adalah (1) faktor kebijakan pimpinan (2) faktor jarak tempat Tinggal dengan sekolah(3) faktor keadaan sekolah atau sarana dan prasarana sekolah (4) faktor penghasilan atau gaji yang diterima.