Pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar, Fasilitas Mengajar, Dan Semangat Kerja Terhadap Profesionalisme Guru SMP Negeri Kota Padang Panjang

Main Author: Tari, Sundari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8255/1/TARI%20SUNDARI%20%2815090206%29%20SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8255/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8255/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8255/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8255/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar, Fasilitas Mengajar, dan Semangat Kerja Terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Sampel pada penelitian ini adalah Guru yang berjumlah 86 Guru diambil menggunakan teknik Disroportionate Stratified Random Sampling dan Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket tertutup. Teknik analisis data yang dipakai yaitu analisi deskriptif dan induktif. Peneliti menemukan bahwa: Pertama, Latar Belakang Pendidikan (X1) berpengaruh signifikan terhadap Profesionalisme Guru (Y) di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Dengan koefisien regresi bernilai 1,656. Nilai koefisien ini signifikan karena bernilai 2,196 > t tabel bernilai 1,66 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, berarti Ha dterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Latar Belakang Pendidikan terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Kedua, Pengalaman Mengajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap Profesionalisme Guru (Y) di SMP Negeri Kota Padang Panjang dengan koefisien regresi bernilai 0,087. Nilai koefisien ini tidak signifikan karena nilai – nilai t hitung bernilai 2,001 > t tabel bernilai 1,66 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Pengalaman Mengajar terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Ketiga, Fasilitas Mengajar (X3) berpengaruh signifikan terhadap Profesionalisme Guru (Y) di SMP Negeri Kota Padang Panjang dengan koefisien regresi bernilai 0,364. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2.772 > t tabel bernilai 1,66 dengan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Fasilitas Mengajar terhadap Profesionalisme Guru (Y) di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Keempat, Semangat Kerja (X4) berpengaruh signifikan terhadap Profesionalisme Guru (Y) di SMP Negeri Kota Padang Panjang dengan koefisien regresi bernilai 0,173. Nilai koefisien signifikan karena nilai thitung 2.563 > t tabel bernilai 1,66 dengan nilai signifikan 0,001 < α = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Semangat Kerja terhadap Profesionalisme Guru (Y) di SMP Negeri Kota Padang Panjang. Kelima, Latar Belakang Pendidikan, Pengalaman Mengajar, Fasilitas Mengajar dan Semangat Kerja Terhadap Profesionalisme Guru di SMP Negeri Kota Padang Panjang dengan nilai Fhitung 12,446> F tabel 2,48 dan nilai signifikan 0,000 < α = 0,05.hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima.