Pengaruh Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Stabilitas Penjualan dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Custumer Goods Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2017
Main Author: | Nur, Komariah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8247/3/2.NUR%20KOMARIAH%20%2815090167%29SKRIPSI%20ok.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8247/1/4.%20ABSTRAK-dikonversi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8247/2/5.BAB%20PENUTUP-dikonversi.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8247/4/6.DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8247/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan mengetahui: Pengaruh Struktur aset, ukuran perusahaan, profitabilitas, stabilitas penjualan dan pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan Costumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2019. Jenis penelitian adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan Costumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan sampel berjumlah 14 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini data pada perusahaan Costumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2017 dengan menggunakan uji regresi data panel. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Stuktur aset berdampak signifikan terhadap struktur modal. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien bernilai positif sebesar 0,723893 nilai tstatistik sebesar 4,305823 > ttabel sebesar 1,99773 dan nilai sig 0,0003 < 0.05, artinya Ha diterima dan H0 ditolak. (2) Ukuran perusahaan berdampak negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien bernilai negatif sebesar 0,500611 nilai tstatistik sebesar -0,517932 < ttabel sebesar 1,99773 dan nilai sig 0,6097 < 0,05 artinya H0 diterima Ha ditolak. (3) Profitabilitas berdampak negatf dan signifikan terhadap struktur modal. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien bernilai negatif sebesar 0,317604 nilai tstatistik sebesar 4,229242 < ttabel sebesar 1,99773 dan nilai sig 0,0003 > 0,05 artinya Ha diterima H0 ditolak.(4) Stabilitas penjualan berdampak negatif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Hal ini dapat dilihat dari koefisien bernilai positif sebesar 0,029468 nilai tstatistik sebesar -0,922297< ttabel sebesar 1,99773 dan nilai sig 0,3664 > 0,05 artinya H0 diterima Ha ditolak. (5) Pertumbuhan perusahaan berdampak positif dan tidak signifikan terhadap struktur modal. Hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien positif sebesar 0,136606 nilai tstatistik sebesar 3,297431< ttabel sebesar 1,99773 dan nilai sig 0,0033 < 0,05 artinya Ha diterima H0 ditolak. (6) Struktur aset, ukuran perusahaan, profitabilitas, stabilitas penjualan dan pertumbuhan perusahaan berdampak signifikan terhadap struktur modal pada Perusahaan Costumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Berdasarkan hasil nilai F-statistik yang diperoleh adalah nilai Fstatistik sebesar 11,45515 dan Ftabel sebesar 2,36. Dengan demikian terlihat hasil yang diperoleh Fhitung > Ftabel atau 11,45515 > 2,36 maka keputusannya Ha diterima dan H0 ditolak. Dan hasil pengujia determinasi menggunakan R-square menunjukkan 0,659417. Hal ini mengidentifikasi bahwa kontribusi variabel independen terhadap variabel dependen 65,94% sedangkan sisanya 43,05% dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah penulis uraikan, maka untuk meningkatkan struktur modal lebih baik untuk masa yang akan datang penulis menyarakan bagi perusahaan Custumer Goods untuk meningkatkan struktur aset, ukuran perusahaan, profitabilitas, stabilitas penjualan dan pertumbuhan perusahaan agar dapat meningkatkan struktur modal yang lebih baik.