Pengaruh 1) Kecerdasan Emosional, 2) Kecerdasan Spritual, 3) Kecerdasan Intelektual dan 4)Budaya Sekolah Terhadap Tingkat Pemehaman Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Lembah Melintang

Main Author: Ahmad, Hidayat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8231/3/15090138-AHMAD%20HIDAYAT-SKRIPSI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8231/1/ABSTRAK..pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8231/2/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8231/4/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8231/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, Kecerdasan Intelektual dan Budaya Sekolah Terhadap Tingkat Pemehaman Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 1 Lembah Melintang. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2019. Penelitian menemukan bahwa: Pertama, Kecerdasan Emosional (X1) terhadap Tingkat Pemahaman Siswa (Y). Untuk variabel Kecerdasan Emosional diperoleh nilai thitung sebesar 5,060 > ttabel sebesar 1,66 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Siswa di SMAN 1 Lembah Malintang Kabupaten Pasaman Barat. Kedua, Kecerdasan Spritual (X2) terhadap Tingkat Pemahaman Siswa (Y). Untuk variabel Kecerdasan Spritual diperoleh nilai thitung sebesar 4,660 > ttabel sebesar 1,66 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Kecerdasan Spritual terhadap Tingkat Pemahaman Siswa di SMAN 1 Lembah Malintang Kabupaten Pasaman Barat. Ketiga, Perilaku Belajar (X3) terhadap Tingkat Pemahaman Siswa (Y). Untuk variabel Perilaku Belajar diperoleh nilai thitung sebesar 3,640 > ttabel sebesar 1,66 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Perilaku Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Siswa di SMAN 1 Lembah Malintang Kabupaten Pasaman Barat. Keempat, Budaya Sekolah (X4) terhadap Tingkat Pemahaman Siswa (Y). Untuk variabel Budaya Sekolah diperoleh nilai thitung sebesar 4,923 > ttabel sebesar 1,66 dengan nilai signifikan 0,000 < = 0,05, berarti Ha diterima dan H0 ditolak dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara Budaya Sekolah terhadap Tingkat Pemahaman Siswa di SMAN 1 Lembah Malintang Kabupaten Pasaman Barat. Berdasarkan hasil penelitian penulis mengenai Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat : 1) Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Tingkat Pemahaman Siswa (Y), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Menerjemahkan, maka diharapkan kepada guru memberikan tugas-tugas pada siswa harus relevan. 2) Penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional (X1), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Mengenali Emosi Orang Lain, maka diharapkan pada siswa untuk mengenali emosi teman. 3) Penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Spritual (X2), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Memiliki kesadaran yang tinggi, maka diharapkan kepada siswa untuk meningkatkan pemahaman dalam belajar. 4) Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Kecerdasan Intelektual (X3), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Kemampuan Numerik, maka diharapkan kepada siswa untuk membiasakan belajar dengan baik. 5) Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Budaya Sekolah (X4), indikator tanggapan responden yang terendah terdapat pada indikator Visi dan Misi Tujuan Sekolah, maka diharapkan kepada sekolah unutuk meningkatkan visi dan misi sekolah.