Pengaruh Tangible, Emphaty, Responsiveness, Reliability dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien BPJS Puskesmas Air Dingin, Padang
Main Author: | Cut, Nadia Descha Subakti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8223/2/15090120%20-%20CUT%20NADIA%20DESCHA%20SUBAKTI%20%28skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8223/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8223/3/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8223/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8223/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui 1) pengaruh Tangible terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Air Dingin. 2) Untuk mengetahui pengaruh Emphaty terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Air Dingin. 3) Untuk mengetahui pengaruh Responsiveness terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Air Dingin. 4) Untuk mengetahui pengaruh Reliability terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Air Dingin. 5) Untuk mengetahui pengaruh Assurance terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Air Dingin. 6) Untuk mengetahui pengaruh Tangible, Emphaty, Responsiveneness dan Assurance terhadap kepuasan pasien pada Puskesmas Air Dingin. Jenis penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS yang berobat di Puskesmas Air Dingin, Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non Probality Sampling dengan metode Convenience Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS 20.0 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Tangible tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisiensebesar-253, nilai koefisien ini tidak signifikan karena nilai thitung -1,918<ttabel sebesar 1,980, artinya apabila Tangible meningkat sebesar satu-satuan, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar -253 dalam setiap satuannya.2) Emphaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisiensebesar 1,139 nilai koefisien ini tidak signifikan karena nilai thitung 8,697>ttabel sebesar 1,980, artinya apabila Emphaty meningkat sebesar satu-satuan, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 1,139 dalam setiap satuannya.3) Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar-0,887, nilai koefisien ini tidak signifikan karena nilai thitung 7,629>ttabel sebesar 1,980, artinya apabila Responsiveness meningkat sebesar satu-satuan, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,887 dalam setiap satuannya.4) Reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,614, nilai koefisien ini tidak signifikan karena nilai thitung 3,610>ttabel sebesar 1,980, artinya apabila Reliability meningkat sebesar satu-satuan, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,614 dalam setiap satuannya.5) Assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,698, nilai koefisien ini tidak signifikan karena nilai thitung 6,079>ttabel sebesar 1,980, artinya apabila Assurance meningkat sebesar satu-satuan, maka kepuasan pasien akan meningkat sebesar 0,698 dalam setiap satuannya. 6) Tangible, Emphaty, Responsiveness, Reliability dan Assurance secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien. Dimana diperoleh nilai fhitung 127,564 > ftabel 2,29 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 <α=0,05, hal ini berarti Ha diterima H0 ditolak. Kualitas layanan yang baik akan meningkatkan kepuasan pasien BPJS yang akan dan berobat di Puskesmas Air Dingin, oleh sebab itu, variabel Tangible, Emphaty, Responsiveness dan Reliability dan Assurance harus ditingkatkan agar tercapainya kepuasan pasien BPJS.