Pengaruh Pemberian Reward Pada Siswa, Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar, Konsep Diri dan Fasilitas Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa di SMP Tamansiswa Padang
Main Author: | David, Suganda Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8209/4/15090078-DAVID%20SUGANDA%20PUTRA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8209/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8209/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8209/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8209/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh pemberian reward terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Tamansiswa Padang, 2) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Tamansiswa Padang, 3) Pengaruh disiplin belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Tamansiswa Padang, 4) Pengaruh konsep diri terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Tamansiswa Padang, 5) Pengaruh fasilitas belajar terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Tamansiswa Padang, 6) Pengaruh pemberian reward pada siswa, pola asuh orang tua, disiplin belajar, konsep diri dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Tamansiswa Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Tamansiswa Padang yang berjumlah sebanyak 78 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Pemberian Reward Pada Siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP Tamansiswa Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,372. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,752 > ttabel sebesar 1,9930. Artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Kedua pola asuh oarang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP Tamansiswa Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,242. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,375 > ttabel sebesar 1,9930. Artinya H2 diterima dan H0. Ketiga displin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP Tamansiswa Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,414. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,105 > ttabel sebesar 1,9930. Artinya H3 diterima dan H0. keempat konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP Tamansiswa Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,278. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,184 > ttabel sebesar 1,9930. Artinya H4 diterima dan H0. Kelima fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS SMP Tamansiswa Padang. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,305. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 2,081 > ttabel sebesar 1,9930. H5 diterima dan H0 Keenam Pemberian Reward Pada Siswa, Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar, Konsep Diri dan Fasilitas Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Tamansiswa Padang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 1731,029 > Ftabel 2,23 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 <