Kecerdasan Emosional, Minat Belajar, Lingkungan Belajar Dan Budaya Sekolah Secara Bersama-Sama Berpengaruh Signifikan Tingkat Pemahaman Siswa Ekonomi Kelas XI IPS Di SMA Negeri 16
Main Author: | Mardi, Chandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8207/2/15090076%20-%20MARDI%20CHANDRA%20%28skripsi%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8207/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8207/4/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8207/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8207/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh: 1) kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman siswa, 2) minat belajar terhadap tingkat pemahaman siswa, 3) lingkungan belajar terhadap tingkat pemahaman siswa, 4) budaya sekolah terhadap tingkat pemahaman siswa 5), kecerdasan emosional, minat belajar, lingkungan belajar dan budaya sekolah secara bersama- mempengaruhi tingkat pemahaman siswa. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 16 Padang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Cluster Sampling atau sampel berdasarkan kriteria jenis kelamin perempuan dan laki-laki yang dijadikan sampel dalam penelitian sebanyak 72 siswa. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif dan induktif, dengan bantuan program eviews 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh : Pertama Pengaruh yang lebih besar terdapat kelompok sampel siswa perempuan dibandingkan dengan siswa lakilaki koefisien masing-masing sebesar 0,132699 dan 0,167475.Dengan nilai thitung masingmasing 2,69475 > ttabel 1,72913 dan 2,49933 > ttabel 1,68107 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Kedua minat belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa. Dengan nilai thitung masing-masing 2,224014 > ttabel 1,72913 dan 2,183806 > ttabel 1,68107 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Ketiga lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa. Pengaruh yang lebih besar terdapat kelompok sampel siswa laki-laki dibandingkan dengan perempuan koefisien masing masing sebesar 0,142800 dan 0,159272. Dengan nilai thitung masing-masing 2,423320 >t tabel 1,72913 dan 2,160862 > ttabel 1,68107 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Keempat budaya sekolah berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman siswa. Pengaruh yang lebih besar terdapat kelompok sampel siswa perempuan dibandingkan dengan laki-laki koefisien masing-masing sebesar 0,161218 dan 0,208543. Dengan nilai thitung masing-masing 2,208483 > t tabel 1,72913 dan 2,936866 > ttabel 1,68107 yang berarti Ha diterima dan H0 di tolak. Kelima kecerdasan emosional, minat belajar, lingkungan belajar dan budaya sekolah secara bersama-sama berpengaruh signifikan tingkat pemahaman siswa ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 16 Padang. Hal ini dapat dilihat pada Tabel f yang menyatakan bahwa nilai Fhitung 53,57467 > Ftabel 2,51 dan nilai signifikan 0,000 <