Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar, Tingkat Kreatifitas Belajar, Disiplin Belajar Dan Kemandirian Belajar Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTsN 2 Solok Selatan Pada Mata Pelajan IPS Kelas VII , 2019

Main Author: Deri, Marta Syaftian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8200/2/15090046%20-%20DERI%20MARTA%20SYAFTIAN%20%28skripsi%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8200/1/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8200/3/BAB%20V.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8200/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/8200/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis,(1)pengaruh Kecerdasan emosional terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan,(2)untuk menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan,(3 untuk menganalisis pengaruh tingkat kreatifitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan,(4)untuk menganalisis pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan,(5)untuk menganalisis kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan,(6) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional, gaya belajar, tingkat kreatifitas belajar, disiplin belajar dan kemandirian belajar secara bersama-sama mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif.teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang dengan instrumen penelitian berupa angket tertutup menggunakan analisis deskriptif dan analisis induktif Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTsN 2 Solok Selatan. yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 184 orang. Penelitian ini menemukan: Pertama Kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. dengan nilai koefisien sebesar 0,092. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitun (2,142 ) lebih besar dari nilai ttabel (1,998). Apabila kecerdasan emosional meningkat 1%. Maka hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. meningkat sebesar 0,092. Kedua Gaya belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. dengan nilai koefisien sebesar 0,075. Nilai ini signifikan karena nilai thitung (2,222) lebih besar dari nilai ttabel (1,998). Apabila Gaya belajar meningkat 1%. Maka hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. meningkat sebesar 0,075.Ketiga Tingkat kreatifivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. nilai koefisien sebesar 0,378. Nilai ini signifikan karena nilai thitung (4,298) lebih besar dari nilai ttabel (1,998). Apabila Tingkat kreatifivitas belajar meningkat 1%. Maka hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. meningkat sebesar 0,378. Keempat Disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. dengan nilai koefisien sebesar 0,121. Nilai ini signifikan karena nilai thitung (2,248) lebih besar dari nilai ttabel(1,998).Disiplin belajar dengan siswa meningkat 1%. Maka hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. meningkat sebesar 0,121. Kelima Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. nilai koefisien sebesar 0,483. Nilai ini signifikan karena nilai thitung(6,003)lebih besar dari nilai ttabel(1,998).Apabila Kemandirian belajar siswa meningkat 1%. Maka hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan meningkat sebesar 0,483. Keenam Kecerdasan emosional, gaya belajar, tingkat kreatifitas, disiplin belajar dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. Fhitung (28,786) > dari Ftabel(2,32). pengaruh Kecerdasan emosional, gaya belajar, tingkat kreatifitas, disiplin belajar dan kemandirian belajar secara simultan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTsN 2 Solok Selatan. yaitu 63,10% dan sisanya 36,10% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini.