Pengaruh Kepemimpian Kepala Sekolah, Kinerja Mengajar Guru dan Iklim Sekolah Sebagai Variabel Intervening terhadap Produktivitas Sekolah di SMP N 22 Padang

Main Author: Ernita Flora, Simarmata
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/820/1/13090080%20ERNITA%20FLORA%20SIMARMATA%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/820/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/820/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/820/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/820/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim sekolah. 2) pengaruh kinerja mengajar guru terhadap iklim sekolah. 3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas sekolah di SMP N 22 Padang. 4) pengaruh kinerja mengajar guru terhadap produktivitas sekolah di SMP N 22 Padang. . 5) pengaruh iklim sekolah terhadap produktivitas sekolah di SMP N 22 Padang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh majelis guru di SMP N 22 Padang sebanyak 47 orang. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup. Teknik analisis data adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa :1) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap iklim sekolah yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 8,331 > ttabel sebesar 2,01174. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap iklim sekolah sebesar 0,747. 2) Kinerja mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap iklim sekolah yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 2,921 > ttabel sebesar 2,01174. Pengaruh kinerja mengajar guru terhadap iklim sekolah sebesar 0,260. 3) Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas sekolah yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 7,553 > t tabel sebesar 2,01174. Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap produktivitas sekolah sebesar 0,378. 4) Kinerja mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas sekolah yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 4,377 > ttabel sebesar 2,01174. Pengaruh kinerja mengajar guru terhadap produktivitas sekolah sebesar 0,151. 5) Iklim sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas sekolah yang ditunjukkan oleh nilai thitung sebesar 12,003 > t tabel sebesar 2,01174. Pengaruh iklim sekolah terhadap produktivitas sekolah sebesar 0,622. Untuk produktivitas sekolah di SMP N 22 Padang,kepala sekolah hendaknya memahami bagaimana posisinya sebagai seorang pemimpin terutama dalam segi susunan kepegawaian dan pengarahan. Kepala sekolah hendaknya mengadakan musyawarah dengan guru dalam menyusun kepegawaian sekolah dan mensosialisasikan segala kebijakan yang baru yang berlaku di sekolah. Guru merupakan ujung tombak keberhasilan sekolah, oleh karena itu guru seharusnya mampu menjalin hubungan yang baik dengan civitas akadmik sekolah. Iklim sekolah yang mendukung juga akan berpengaruh terhadap peningkatan produktivitas sekolah yang dapat dilihat pada terjalinnya hubungan yang baik antar personil sekolah.