Pengaruh Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran, Lingkungan Teman Sebaya, Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru dan Fasilitas Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di MTsN 1 Kota Padang

Main Author: Mulyani, Mulyani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/818/1/13090060%20MULYANI%20oke.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/818/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/818/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/818/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/818/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang, 2) Pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang,3) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII 1 Kota Padang, 4) Pengaruh fasilitas perpustakaan sekolah terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang, 5) Pengaruh partisipasi siswa dalam pembelajaran, lingkungan teman sebaya, persepsi siswa tentang kompetensi guru dan fasilitas perpustakaan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Padang yang berjumlah sebanyak 254 orang dengan sampel sebesar 83 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama partisipasi siswa dalam pembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,425. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 3.159> ttabel sebesar 1,99085. Ke ua lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan tinggi dengan koefisien sebesar 0,389. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 5,503> ttabel sebesar 1,99085. Ketiga persepsi siswa tentang kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dengan koefisien sebesar 0,276. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,341> ttabel sebesar 1,99085. Keempat fasilitas perpustakaan sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota Padang. Dari keseluruhan kelompok sampel orang tua berpendapatan rendah dan tinggi, yang paling berpengaruh terhadap prestasi belajar yaitu kelompok sampel orang tua berpendapatan tinggi dengan koefisien sebesar 0,450 dengan t hitung Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung 4,795 > ttabel sebesar 1,99085. Kelima partisipasi siswa dalam pembelajaran, lingkungan teman sebaya, persepsi siswa ten g kompetensi guru dan fasilitas perpustakaan secara bersama-sama berpengaruh positif dan si fikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII MTsN 1 Kota ang. Dimana diperoleh nilai Fhitung 163,623> Ftabel 2,49 dengan taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil nelitian ini, maka di sarankan kepada siswa, guru dan pihak sekolah untuk lebih memperhatikan lagi partisipasi siswa dalam pembelajaran, lingkungan teman sebaya, persepsi siswa tentang kompetensi guru dan fasilitas perpustakaan sekolah dalam proses belajar dalam upaya untuk lebih mengoptimalkan prestasi belajar siswa kelas VIII MTsN 1 Kota Padang